Minggu, 17 Oktober 2010

Mempercepat Startup Windows 7



Sebagian besar pengguna computer mungkin pernah mengalami proses Startup Windows yang memakan waktu terlalu lama, tidak secepat ketika pertama kali Windows diinstal. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada saat Startup Windows. Biasanya suatu aplikasi yang baru diinstal akan langsung ditambahkan pada Startup Windows. Bayangkan jika kita menginstal lebih dari 10 aplikasi dan semuanya dijalankan pada saat Startup Windows, pasti computer akan menjadi sangat lambat. Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut akan terus berjalan di background dan menguras banyak memori. Hal tersebut menyebabkan aplikasi-aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan terasa sangat lambat.
Sebenarnya tidak semua aplikasi yang berjalan pada Start up Windows yang kemudian juga berjalan di background kita butuhkan.  Oleh karena itu, kita bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan dengan menggunakan sebuah tool yang bernama System Configuration.



Untuk Membuka System Configuration, dari Start pada Search Program and Files ketikkan MSCONFIG, kemudian tekan  Enter.



                                Gambar . Membuka System Configuration


Selanjutnya pilih tab Startup.

Gambar Memilih Startup.
Masalahnya, tidak banyak pengguna yang awam di bidang computer tahu persis aplikasi mana yang harus dijalankan dan aplikasi mana yang tidak perlu dijalankan. Beberapa contoh aplikasi yang tidak perlu dijalankan pada saat Startup Windows adalah Yahoo Messenger, Winamp, Windows Live Messenger, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita jalankan ketika kita ingin menggunakannya saja. Contoh aplikasi-aplikasi yang perlu dijalankan pada saat Startup Windows antara lain anti virus, anti spyware, firewall, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya berhubungan dengan keamanan computer. Selain itu juga aplikasi untuk pointing driver, biasanya aplikasi ini berhubungan dengan hardware sehingga apabila aplikasi tersebut tidak dijalankan pada saat Startup Windows maka hardware tidak akan berfungsi, misalkan Sound, Touchpad, dan lain-lain.
Setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda dalam  menentukan aplikasi yang akan dijalankan ketika melakukan Startup, tergantung kebutuhan masing-masing. Anda bisa mencoba dengan memilih atau mengosongi beberapa item pada Startup dan lihat pengaruhnya. Jangan takut untuk mencoba karena jika terjadi perubahan yang tidak anda inginkan, Anda bisa mengembalikannya ke posisi semula dengan menggunakan System Restore.
Sumber : Widows 7 Missing Tricks ( Andi Susilo )

0 komentar:

Posting Komentar