Selasa, 11 Oktober 2011

membuat garis , persegi , dan segitiga pada openGL



Di sini kami ingin mengerjakan tugas pelajaran pengantar grafik dan olah citra . Di mana kami di suruh membuat garis , kotak , segitiga pada openGL. Sebelum menjawab semua itu , kami ingin menjabarkan tentang openGL. Yuk , ceklah !

·         OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group. OpenGL  bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
·         Sintaks perintah pada openGL :
intaks perintah OpenGL mengikuti aturan penulisan dari library dimana fungsi tersebut berasal, format penulisan fungsi OpenGL :

<awalanlibrary><perintah><optional jumlah argumen><optional tipe argumen>


Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf kapital pada setiap kata membentuk nama perintah (contoh :  glClearColor).
Untuk mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf kapital dan garis bawah untuk memisahkan kata (seperti GL_POLY_STIPPLE).
Terkadang beberapa huruf dan angka ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada glVertex3f). Dalam hal ini angka 3 menunjukkan berapa banyak argumen yang harus ada pada perintah tersebut dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu floating. 
Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.

Sekarang kita mulai dengan membuat , membuat , dan membuat , hahah :D

1. Membuat sebuah garis :
Coding :
glBegin (GL_LINES);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.8f, 0.0f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); glVertex2f (0.8f, -0.0f);
glEnd ();

Output :


Pejelasan :

  • ·         Untuk memulai membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin (GL_LINES);
  • ·         Untuk membuat garis membutuhkan titik-titikkoordinat yang akan saling menghubungkan , di sini kami membuat koordinat ttitik X= -0.8 , Y1 = 0.0 , X2 = 0.8 , Y2 = -0.0 )
  •      glVertex2f (-0.8f, 0.0f);
  •      glVertex2f (0.8f, -0.0f);
  •        Di sini , kami menggunakan perpaduan warna hijau dan biru :
    • glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f);  (Hijau)
    • glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); (Biru)

2. Membuat persegi
Coding :
glBegin(GL_QUADS);
          glVertex3f (-0.6, -0.6, 0.0);glColor3f (0.1, 0.1, 0.1);
          glVertex3f (0.6, -0.6, 0.0);glColor3f (0.0, 0.1, 3.0);
          glVertex3f (0.6, 0.6, 0.0);glColor3f (0.1, 0.3, 0.3);
          glVertex3f (-0.6, 0.6, 0.0);glColor3f (1.0, 2.0, 3.0);
          glEnd();

          SwapBuffers (hDC);

Output :


Penjelasan :

  • ·         Untuk memulai membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin(GL_QUADS);
  • ·         Menentukan warna :
        glColor3f (0.1, 0.1, 0.1);
        glColor3f (0.0, 0.1, 3.0);
        glColor3f (0.1, 0.3, 0.3);
        glColor3f (1.0, 2.0, 3.0);

  • ·         Menentukan titik koordinat :
        glVertex3f (-0.6, -0.6, 0.0);
        glVertex3f (0.6, -0.6, 0.0);
        glVertex3f (0.6, 0.6, 0.0);
        glVertex3f (-0.6, 0.6, 0.0)

  • ·         SwapBuffers (hDC); à untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar (screen buffer)

3. Membuat segitiga .
Coding :
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 0.8f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 1.0f); glVertex2f (0.79f, -0.7f);
glColor3f (1.0f, 1.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.79f, -0.7f);
glEnd ();
SwapBuffers (hDC);
Output :

Penjelasan :
·         Untuk memulai membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin (GL_TRIANGLES);
·         Menentukan warna :
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 1.0f);
glColor3f (1.0f, 1.0f, 1.0f);
·         Menentukan titik koordinat :
glVertex2f (0.0f, 0.8f);
glVertex2f (0.79f, -0.7f);
glVertex2f (-0.79f, -0.7f);
·         SwapBuffers (hDC); à untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar (screen buffer)


Penjelasan tambahan :
glClearColour(R,G,B,);  --->
Warna latar belakang dengan Empat komponen warna RGBAlpha
Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0

1 komentar:

Unknown
7 Juni 2012 pukul 07.33

kita juga punya nih artikel mengenai OpenGL, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2325/1/Texture%20Mapping%20for%20Solar%20System%20Simulation(OpenGL%20Implementation).pdf
trimakasih

Posting Komentar