membuat garis , persegi , dan segitiga pada openGL
Di sini kami ingin mengerjakan
tugas pelajaran pengantar grafik dan olah citra . Di mana kami di suruh membuat garis , kotak , segitiga
pada openGL. Sebelum menjawab semua itu , kami ingin menjabarkan tentang
openGL. Yuk , ceklah !
·
OpenGL (Open
Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa,
cross-platform API untuk
menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis.
Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat
digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari
primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada
tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality,
visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini
juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft
Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah
teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group. OpenGL bersifat open source, dipakai pada banyak platform
(windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++
atau Delphi.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu
Application Programming Interface (API).
·
Sintaks perintah pada openGL :
intaks perintah OpenGL mengikuti aturan penulisan dari library
dimana fungsi tersebut berasal, format penulisan fungsi OpenGL :
<awalanlibrary><perintah><optional jumlah
argumen><optional tipe argumen>
Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf kapital pada setiap kata membentuk nama perintah (contoh : glClearColor).
Untuk mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf kapital dan garis bawah untuk memisahkan kata (seperti GL_POLY_STIPPLE).
Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf kapital pada setiap kata membentuk nama perintah (contoh : glClearColor).
Untuk mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf kapital dan garis bawah untuk memisahkan kata (seperti GL_POLY_STIPPLE).
Terkadang beberapa
huruf dan angka ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada glVertex3f).
Dalam hal ini angka 3 menunjukkan berapa banyak argumen yang harus ada pada
perintah tersebut dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu
floating.
Fungsi asli dari
OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll
dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk
menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah OpenGL Utility Library
(GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari
perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan
sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
Sekarang kita mulai dengan membuat ,
membuat , dan membuat , hahah :D
1. Membuat sebuah garis :
Coding :
glBegin (GL_LINES);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f);
glVertex2f (-0.8f, 0.0f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex2f (0.8f, -0.0f);
glEnd ();
Output :
Pejelasan :
- · Untuk memulai membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin (GL_LINES);
- · Untuk membuat garis membutuhkan titik-titikkoordinat yang akan saling menghubungkan , di sini kami membuat koordinat ttitik X1 = -0.8 , Y1 = 0.0 , X2 = 0.8 , Y2 = -0.0 )
- glVertex2f (-0.8f, 0.0f);
- glVertex2f (0.8f, -0.0f);
- Di sini , kami menggunakan perpaduan warna hijau dan biru :
- glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); (Hijau)
- glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f); (Biru)
Coding :
glBegin(GL_QUADS);
glVertex3f (-0.6, -0.6,
0.0);glColor3f (0.1, 0.1, 0.1);
glVertex3f (0.6, -0.6,
0.0);glColor3f (0.0, 0.1, 3.0);
glVertex3f (0.6, 0.6, 0.0);glColor3f
(0.1, 0.3, 0.3);
glVertex3f (-0.6, 0.6,
0.0);glColor3f (1.0, 2.0, 3.0);
glEnd();
SwapBuffers (hDC);
Penjelasan :
- · Untuk memulai membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin(GL_QUADS);
- · Menentukan warna :
glColor3f (0.1, 0.1, 0.1);
glColor3f (0.0, 0.1, 3.0);
glColor3f (0.1, 0.3, 0.3);
glColor3f (0.1, 0.3, 0.3);
glColor3f (1.0, 2.0, 3.0);
- · Menentukan titik koordinat :
glVertex3f (-0.6, -0.6, 0.0);
glVertex3f (0.6, -0.6, 0.0);
glVertex3f (0.6, 0.6, 0.0);
glVertex3f (-0.6, 0.6, 0.0)
- · SwapBuffers (hDC); à untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar (screen buffer)
3. Membuat segitiga .
Coding :
glBegin
(GL_TRIANGLES);
glColor3f
(0.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (0.0f, 0.8f);
glColor3f
(0.0f, 1.0f, 1.0f); glVertex2f (0.79f, -0.7f);
glColor3f
(1.0f, 1.0f, 1.0f); glVertex2f (-0.79f, -0.7f);
glEnd
();
SwapBuffers
(hDC);
Output :
Output :
Penjelasan
:
·
Untuk memulai
membuat garis pada openGL yaitu dengan coding : glBegin (GL_TRIANGLES);
·
Menentukan warna :
glColor3f (0.0f, 0.0f, 0.0f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 1.0f);
glColor3f (1.0f, 1.0f, 1.0f);
·
Menentukan titik koordinat :
glVertex2f (0.0f, 0.8f);
glVertex2f (0.79f, -0.7f);
glVertex2f (-0.79f, -0.7f);
·
SwapBuffers (hDC); à untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar (screen buffer)
Penjelasan
tambahan :
glClearColour(R,G,B,); --->
|
Warna latar belakang dengan Empat komponen warna RGBAlpha
|
Red= 0.0 Green=0.0 Blue= 0.0
1 komentar:
kita juga punya nih artikel mengenai OpenGL, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2325/1/Texture%20Mapping%20for%20Solar%20System%20Simulation(OpenGL%20Implementation).pdf
trimakasih
Posting Komentar