Tugas 3K
Jawablah pertanyaan berikut ini:
1. Jelaskan definisi tentang Organisasi:
2. Sebutkan cirri-ciri dari organisasi
3. Sebutkan 14 Kaidah manjemen menurut Henry Fayol
4. Jelaskan Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
5. Apa perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik
JAWABAN:
- Definisi tentang Organisasi:
Menurut ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”
- CIRI-CIRI ORGANISASI:
· Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
· Dikembangkan untuk mencapai tujuan
· Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
· Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
- 14 Kaidah manjemen menurut Fayol yang menjadi dasar teori administrasi:
· Pembagian kerja
· Wewenang & tanggung jawab
· Disiplin
· Kesatuan perintah
· Kesatuan pengarahan
· Mendahulukan kepentingan umum
· Balas jasa
· Sentralisasi
· Rantai Skalar
· Aturan
· Keadilan
· Kelanggengan personalia
· Inisiatif
· Semangat korps
- Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
· Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
· Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
· Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
· Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah
5 5. TEORI MODERN vs TEORI KLASIK
a. Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b. Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan.
0 komentar:
Posting Komentar